Memilih Teleskop Senapan Terbaik Untuk Senapan Berburu Anda

Agar anda tidak salah memilih, coba baca panduan sekilas cara memilih teleskop senapan mengenai bagaimana memilih teleskop sesuai kebutuhan anda.

Teleskop sendiri memiliki spesifikasi yang bermacam – macam, seperti pembesaran, high dan low power, reticle, parallax, dll.

Namun perlu anda ketahui, tidak semua teleskop cocok dengan semua senapan angin. Bahkan teleskop mahal pun tidak akan berarti apa -apa jika tidak sesuai dengan senapan angin kita.

Faktor – faktor yang harus diperhatikan dalam memilih teleskop senapan angin.

JENIS SENAPAN

Jenis senapan sangat menetukan keawetan dan akurasi teleskop. Senapan angin dengan sistem pegas / per yang memiliki recoil besar butuh teleskop yang kuat dan kokoh.

Jika anda tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli teleskop yang mahal, teleskop grade KW ada juga yang original sekelas hakko, bushnell, spike, predator dan deerhunter bisa menjadi pilihan alternatif yang baik.

cara memilih teleskop senapan

Asal memiliki zoom fixed, jika anda menggunakan senapan sharp atau pcp yang memiliki recoil kecil, anda bisa fokus memilih kualitas teleskop pada bidang lain seperti akurasi dan lain – lain.

Namun sekarang ada senapan angin fusion yang memiliki visir manual / keker yang bisa anda sesuaikan sebagai pengganti sementara teleskop. Anda bisa dapatkan disini www.tacticalstore.co.id

RETICLE

Kata lain dari reticule merupakan tumpuan sasaran kita dalam menggunakan scope, scope ditandai seperti tanda + ada titidak tengah untuk menargetkan target kita dalam berburu.

Dulu reticle berupa kawat super tipis yang ada di dalam scope dan sangat mudah rusak bila terkena sentuhan.

Namun reticle sekarang sudah ber-inovasi menggunakan mildot, rangefinder, swarovski’s DS, sprongfield, premier, dll.

Saat memilih reticle, kami sarankan untuk memperhatikan jaak. Jika jarak sasaran dekat (10 m – 20 m) anda bisa menggunakan circle dot, leupold dot, crosshair yang simple dan tidak butuh perhitungan.

Jika jarak sasaran menengah hingga jauh, ada baiknya kita menggunakan reticle yang memiliki fitur khusus untuk jarak jauh seperti mil-dot, rangefinder, varmint hunter, dll. Reticle – reticle tersebut banyak digunakan sniper profesional dalam peperangan modern karena dapat menyesuaikan tingkat elevasi (efek gravitasi), faktor angin, dll.

Tembakan senapan angin dengan jarak lebih dari 50 m lebih baik menggunakan reticle untuk jarak jauh. Bahkan sniper profesional dalam perang modern menggunakan reticle untuk jarak jauh seperti mil dot.

ZOOM

Zoom atau pembesaran dalam teleskop merupakan salah satu faktor yang memiliki pengaruh besar terhadap pemilihan teleskop. cara menentukan tipe zoom berawal dari menentukan jarak tembak yang anda inginkan, dari short range, medium range, hingga long range tergantung dari kemampuan senapan dan penembaknya juga.

Jika anda menembak dalam jarak 10 m – 25 m. Anda bisa menggunakan scope dengan zoom fixed 3×32 / 4×32. Angka 4 dalam 4×32 berarti magnifikasi scope sebesar 4 kali penglihatan dengan mata telanjang.

Jika anda menembak dalam jarak medium range 25 m – 35 m. Anda dapat menggunakan scope yang memiliki zoom medium dengan menggunakan scope zoom non-fixed seperti 3-9×42, 4-10×42. 4-10 dalam 4-10×42 berarti scope memiliki zoom variatif, mulai dari 4 kali pembesaran dan bisa diubah dengan memutar ring magnifikasi hingga 10 kali pembesaran. Perlu diingat bahwa semakin besar zoom pada scope, semakin kecil area yang terlihat pada target dan membuat senapan lebih sulit difokuskan pada target

Jika menggunakan zoom tinggi dianjurkan untuk menembak dengan tumpuan seperti bipod agar senapan lebih stabil.

Terakhir adalah scope dengan zoom yang dikhususkan untuk long range dengan jarak sekitar 35m-120m tergantung kemampuan senapan, untuk menggunakan scope jenis ini dibutuhkan skill yang mumpuni. Contoh dari long range scope ini adalah 6-20×42, 8-20×42 bahkan ada scope yang memiliki zoom mencapai 20-60×42.

Ulasan mengenai teleskop senapan angin yang lain, bisa anda lihat disini

Tinggalkan komentar