Cara Membersihkan Teleskop Senapan Angin

Cara Membersihkan Teleskop Senapan Angin

Tutorial kali ini akan mengulas bagaimana cara merawat teleskop senapan dengan mudah menggunakan alat sederhana. Namun?

Mungkin anda pernah mengalami teleskop buram, ber-embun maupun ber-jamur. Jika pernah, tutorial kali ini akan membahas bagaimana cara merawat teleskop dengan benar?

Merawat teleskop senapan merupakan hal penting, apalagi harga teleskop yang terbilang tidak murah dan salah satu bagian terpenting teleskop yaitu lensa memiliki kecenderungan kerusakan yang besar dan sangat rentan dengan berbagai macam debu yang bisa mengurangi ketajaman lensa dalam menangkap gambar.

Bukan hanya debu saja, lensa juga bisa terganggu gara – gara embun. Faktor teleskop ber-embun yaitu :

  1. Teleskop sudah lama / barang lama tapi bukan bekas
  2. Pada bagian seal / karet teleskop yang sudah longgar sehingg kerapatan sedikit terganggu

Memang membutuhkan perawatan yang ektra, anda harus rajin membersihkan supaya lensa jauh dari jamur / buram supaya cerah ketika digunakan.

Hal yang perlu anda siapkan untuk merawat teleskop senapan angin yaitu :

  1. Siapkan lap kain yang bersih serta memiliki tekstur yang lembut dan halus, ini berfungsi agar tidak merusak lensa.
  2. Gunakan kanebo untuk mengelap lensa supaya tidak tergores
  3. Semprotkan cairan pembersih, bisa menggunakan shampoo atau cairan pembersih kaca
  4. Siapkan juga air bersih dalam jumlah yang cukup
  5. Kemudian gunakan Hairdryer / pengering, untuk mengeringkan lensa yang basah

Cara Merawat Teleskop Senapan Angin

Setelah semua alat – alat sudah siap, berikut langkah – langkah dalam membersihkan teleskop senapan angin :

Pertama, jika lensa teleskop sudah mengalami gangguan, silahkan lepas lensa tersebut. Kemudian, letakkan batang teleskop di tempat yang aman, kering dan jauh dari debu. Ini berfungsi untuk menghindari debu yang masuk pada batang tersebut selama kita melakukan pembersihan pada bagian lensa.

Kedua, kanebo yang sudah anda siapkan tadi, basahi dengan menggunakan air bersih kemudian peras hingga air benar – benar hilang.

cara merawat teleskop senapan

Kemudian, cuci lensa menggunakan air bersih, usahakan tetap hati – hati dan jangan sampai air masuk ke sela – sela lensa.

Setelah lensa benar – benar bersih dari debu dan kotoran, basuh permukaan lensa menggunakan kanebo dan tambahkan sedikit cairan permbersih.

Pada saat proses pembersihan menggunakan kanebo, usaplah dengan satu arah saja secara terus – menerus dan pelan – pelan agar lensa tidak tergores.

Ketika lensa sudah benar – benar bersih, selanjutnya lakukan pengeringan.

Saat pengeringan, lensa dibersihkan menggunakan kain yang lembut dan halus (untuk mengurangi kadar air yang menempel). Pengeringan tahap ini juga harus menggunakan cara searah jangan acak.

Keringkan sela – sela teleskop menggunakan hair dryer.

Alternatif lain pada tahap pengeringan jika tidak memiliki hair dryer adalah dengan menggunakan kipas angin / dijemur langsung pada sinar matahari.

Akan tetapi, hasilnya masih kurang maksimal karena ditakutkan masih ada debu lagi yang menempel pada sela-sela lingkaran lensa. Di samping itu, proses pengeringannya juga bisa memakan waktu yang lama dibandingkan dengan menggunakan hair dryer.

Terakhir, pasang kembali teleskop atau rakit sesuai dengan bentuknya. Kencangkan teleskop secara perlahan dan usahakan ketika merakit, tangan kita dalam keadaan bersih bebas dari debu, minyak, dan berbagai kotoran lain yang mengganggu.

Demikianlah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membersihkan lensa yang buram atau berjamur. Dengan melakukan cara di atas, dijamin lensa akan kembali terang.

Tinggalkan komentar